Pemerintah Kota Metro melalui Bappeda Kota Metro menggelar Musrenbang Kecamatan Tahun 2022 di Aula Kecamatan Metro Selatan pada hari Rabu tanggal 16 Februari 2022.

Pada musrenbang Tingkat  Kecamatan,  yang menjadi usulan dari Kecamatan Metro Selatan yaitu berupa pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya.

Walikota Metro Bpk. Wahdi  mengatakan, setiap kecamatan itu mempunyai tema pembangunan masing-masing. Akan tetapi pada intinya pembangunan pada sumber daya manusia itu sangat penting.

“Pembangunan sumber daya manusia itu ditopang oleh pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur. Maka, dari itulah terbentuknya pembangunan fisik, sosial budaya dan ekonomi,”

Pembangunan  kita di Kecamatan Metro Selatan di empat kelurahannya masih besar. Untuk pembangunan sendiri masih dibidang fisik, terutama di jalan. Harapan kita tentu ada penambahan volume jalan produktif. Termasuk juga beberapa kegiatan yaitu kegiatan pendidikan, karena kota kita ini kota pendidikan,”.

Beliau pun menjelaskan, untuk anggaran Kota Metro sangat terbatas. Maka harus digunakan dengan efisien.

Bahwa “Anggaran kita sangat terbatas. Disini saya pesankan, pada saat menggunakan anggaran harus efisien. Seefektif mungkin menggunakannya, kualitasnya harus benar-benar baik,”

camat metro selatan Ibu Yulia Candra Sari menyampaikan, pada hari pelaksanaan musrenbang di Kecamatan Metro Selatan.

Bahwa Musrenbang kali ini mengakomodir dari usulan-usulan pembangunan dari musrenbang tingkat kelurahan. Disitu ada tiga bidang yaitu fisik infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya

 untuk infrastruktur meliput beberapa prioritas yang akan dibangun di wilayah Metro Selatan.

Adapun prioritasnya yaitu rehab gedung kantor Kelurahan Margodadi, rehab aula Kelurahan Margodadi, rehab aula Kelurahan Rejomulyo. Kemudian peningkatan kapasitas jalan, diantaranya Jalan Pattimura, Jalan Nusantara, Jalan Husodo. Kemudian pembangunan drainase,

Sedangkan untuk di bidang ekonomi ada beberapa yang diajukan prioritas di tiap-tiap kelurahannya.

“Untuk di bidang ekonomi ada beberapa yang menjadi usulan prioritas di tiap-tiap kelurahannya. Setiap kelurahan memiliki usulan yang berbeda-beda. Contohnya di Sumbersari Bantul yaitu ada peningkatan usaha tani atau jut. Kemudian untuk kelurahan yang lainnya memiliki usulan seperti penambahan benih ikan, penambahan bibit ternak kambing, permohonan bantuan bentor dan peralatan kue untuk industri rumah tangga,”

Kemudian untuk peningkatan bidang sosial yaitu peningkatan kapasitas pemakaman seperti drainase, lampu penerangan, paving dan pagar. Mudah-mudahan di tahun 2023 yang sudah diprioritaskan, bisa terakomodir dan bisa terealisasikan,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *